Jumat, 10 April 2015

Pengenalan Linux

Pengenalan Linux



 Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

    Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

    Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh
perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer,, dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak
bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software). Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung

Anda harus Membaca lebih lengkap disini termasuk tentang desktop-desktop linux :

http://en.wikipedia.org/wiki/Linux  , http://id.wikipedia.org/wiki/Linux  ,
http://id.wikipedia.org/wiki/Debian  , http://en.wikipedia.org/wiki/Linux_distribution


Struktur System Linux



1.    Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari    sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.

    Karena akses terhadap perangkat keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing. Akses kepada perangkat keras secara langsung merupakan masalah yang kompleks, oleh karena itu kernel biasanya mengimplementasikan sekumpulan abstraksi hardware. Abstraksi-abstraksi tersebut merupakan sebuah cara untuk menyembunyikan kompleksitas, dan memungkinkan akses kepada perangkat keras menjadi mudah dan seragam.

2.     Shell adalah penterjemah (command line interpreter). Pada Linux disebut sebagai terminal. Perangkat lunak inilah yang menjadi jembatan antara user dengan sistem linux. User cukup memberikan perintah dan shell yang akan menanganinya. Shell, baik di linux maupun di UNIX digunakan untuk interaksi antara user dengan komputernya termasuk juga
dalam mengontrol session UNIX dan pemrograman (scripting). UNIX shell menyediakan sekumpulan instruksi khusus yang dapat digunakan untuk membuat program shell script . Ada beberapa jenis shell yang umum ditemukan dalam distro Linux, yakni : Bash dan tcsh.

3.     Aplikasi (aplication software) adalah program-program yang dibuat oleh user, untuk memenuhi kebutuhuannya sendiri. Program-program ini dapat dibuat dengan menggunakan sejumlah utilitas, perintah built-in milik shell, atau dibangun dengan bahasa pemrograman seperti C, COBOL,atau Phyton dan berbagai development tool seperti oracle dan Informix.
Bisa juga berupa program pake yang dibeli dari pemasok perangkat lunak.


File System Linux


    / – root(File System) direktori yang membentuk basic sistem file.                Semua file dan direktori secara logic berada di dalam root direktori ini walaupun dari lokasi yang berbeda.

    /bin – Memuatkan program arahan yang merupakan sebagian dari                     sistem operasi Linux. Banyak perintah Linux seperti cat, cp, ls,               more, dan tar terletak pada /bin.

    /boot – Memuatkan Linux Kernel dan file lain yang diperlukan LILO                 dan GRUB boot manager.

    /dev – Memuatkan semua file penting. Linux melakukan semua                            operasi utama komputer seperti sebuah file yang special.                       Semua file seperti ini terletak di /dev.

    /etc – Memuatkan semua sistem konfigurasi file dan skrip installation              pada /etc/rc.d sub direktori.

    /home – Direktori Home menyimpan semua direktori home user.

   
    /lib – Memuatkan file library, termasuk modul driver yang dapat diisi              pada sistem boot.

    /media – Direktori untuk mounting removable media seperi drive                            CD-ROM, floopy disk dan zip drive.

    /mnt  – Direktori untuk mounting file sistem sementara.

    /opt  – Data – data instal / copy untuk aplikasi opsional .

    /proc  – Direktori istimewa untuk sistem file virtual. Ia mencakupi                   informasi mengenai berbagai aspek sistem Linux.

    /root – Direktori Home untuk root user.

    /sbin – Memuatkan file administration yang dapat diakses seperti                     mount, shutdown, umount.

    /srv – Memuatkan data untuk layanan (HTTP, FTP, etc.) yang                 ditawarkan oleh sistem.

    /sys – Direktori special yang memuatkan informasi mengenai hard               disk seperti yang dilihat melalui Linux.

    /tmp – Direktori yang digunakan untuk menyimpan data sementara.                   Isi dari direktori ini dibersihkan setiap kali sistem boot.

    /usr – Memuatkan sub direktori untuk pelbagai program seperti                     sistem X Windows.

    /usr/bin – Memuatkan file yang dapat diakses untuk berbagai                            perintah  Linux yang bukan merupakan sebahagian dari OS  Linux.

    /usr/include – Memuatkan file – file header dari bahasa program C                            dan C++.

    /usr/lib
– Memuatkan file – file library untuk bahasa C dan C++.

    /usr/local – Memuatkan data lokal. Ia mengadung direktori
                           yang sama seperti /usr.

    /usr/sbin – Memuatkan perintah – perintah administration.

    /usr/share – Memuatkan data yang digunakan oleh banyak user 
                            sekaligus , seperti file konfigurasi default,
                             gambar dan dokumen.

    /usr/src – Memuatkan source code untuk Linux kernel.

    /var – Memuat berbagai sistem file seperti log, direktori mail,
                    print dan lain – lain. Yang sering kali berubah kandungannya.

    /var/lib – Memuatkan informasi tentang status aplikasi – aplikasi                        yang ada. Aplikasi memodifikasi direktori ini semasa                            melakukan sesuatu kerja.

    /var/tmp – Memuatkan file sementara, isi direktori ini tidak dihapus                      semasa sistem dimatikan.



Distribusi Linux (Distro Linux)

    Distro Linux  (singkatan dari distribusi Linux ) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux. Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial seperti Red Hat Enterprise, SuSE, dan lain-lain.

Ada banyak distribusi atau distro Linux yang telah muncul. Beberapa bertahan dan menjadi distro besar, bahkan sampai menghasilkan distro turunan, contohnya distro Debian GNU/Linux. Distro ini telah menghasilkan puluhan distro turunan, antara lain Ubuntu, Knoppix, Xandros, DSL, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan distro linux, anda dapat mengunduh langsung dari situs distributor distro bersangkutan, mengunduhnya dari mirror lokal (misalnya untuk mirror lokal Indonesia  pada  Data Utama ) atau membelinya dari penjual lokal.


Gambar Diatas merupakan contoh distro linux debian yang memiliki banyak keturunan

Contoh Distro-Distro keturunan Debian : Ubuntu , Linux mint Debian ,BlankOn Dll

Jadi secara umum perintah-perintah distro-distro linux dibawah distro utama atau distro induk nya perintah nya sama atau mungkin tidak jauh bebeda

Lihat gambar lebih lengkap :  http://en.wikipedia.org/wiki/Linux_distribution  ,
http://id.wikipedia.org/wiki/Distribusi_Linux









0 komentar:

Posting Komentar