Selasa, 28 April 2015

Debian 8 "Jessie" dirilis

Debian 8 "Jessie" dirilis

 25 April 2015

Setelah hampir 24 bulan pembangunan konstan proyek Debian dengan bangga mempersembahkan (nama kode "Jessie") versi stabil 8 baru, yang akan didukung untuk selanjutnya 5 tahun berkat kerja gabungan tim Keamanan Debian dan dari Debian Jangka Panjang tim Dukungan.


"Jessie" kapal dengan sistem init standar baru, systemd. The systemd Suite menyediakan banyak fitur menarik seperti waktu booting lebih cepat, cgroups untuk layanan, dan kemungkinan mengisolasi bagian dari layanan. Sistem sysvinit init masih tersedia di "Jessie".


UEFI ("Bersatu Extensible Firmware Interface") dukungan diperkenalkan di "Wheezy" juga telah sangat meningkat di Jessie. Ini termasuk workarounds untuk banyak dikenal bug firmware, dukungan untuk UEFI pada sistem 32-bit, dan dukungan untuk 64-bit kernel dengan 32-bit UEFI firmware (dengan yang terakhir ini disertakan hanya pada amd64 kami / i386 "multi-arch" media instalasi ).


Sejak rilis sebelumnya, anggota dari proyek Debian juga membuat perbaikan penting untuk layanan pendukung kami. Salah satunya adalah pandangan dijelajahi semua kode sumber dikirim dalam Debian saat ini tersedia di sources.debian.net. Tentu saja, dengan lebih dari 20.000 paket source, bisa cukup menakutkan untuk menemukan file yang tepat. Oleh karena itu, kami juga sangat senang untuk hadir Kode Debian Cari, tersedia di codesearch.debian.net. Kedua layanan ini dilengkapi dengan sistem pelacakan paket benar-benar ditulis ulang dan lebih responsif.


Rilis ini mencakup berbagai paket perangkat lunak diperbarui, seperti:


  • Apache 2.4.10 
  •  Asterisk 11.13.1
  •  GIMP 2.8.14 
  •  versi terbaru dari lingkungan desktop GNOME 3.14 
  • GNU Compiler Collection 4.9.2
  • Icedove 31.6.0 (versi bermerek dari Mozilla Thunderbird) 
  • Iceweasel 31.6.0esr (versi bermerek dari Mozilla Firefox)
  • KDE Plasma Workspace dan KDE Aplikasi 4.11.13 
  • LibreOffice 4.3.3 
  • Linux 3.16.7-ckt9
  •  MariaDB 10.0.16 dan MySQL 5.5.42
  •  nagios 3.5.1
  •  OpenJDK 7u75
  •  Perl 5.20.2
  •  PHP 5.6.7
  •  PostgreSQL 9.4.1 
  • Python 2.7.9 dan 3.4.2 
  • Samba 4.1.17 
  • Tomcat 7.0.56 dan 8.0.14
  • Xen Hypervisor 4.4.1Xfce lingkungan 4.10 Desktop 
  • lebih dari 43.000 paket perangkat lunak lain siap digunakan, dibangun dari hampir 20.100 paket source.
 Dengan pilihan yang luas ini paket dan dukungan arsitektur lebar tradisional, Debian sekali lagi tetap setia kepada tujuannya menjadi sistem operasi universal. Sangat cocok untuk berbagai berbeda menggunakan kasus: dari sistem desktop untuk netbook; dari server pengembangan untuk sistem klaster; dan untuk server database, web, atau penyimpanan. Pada saat yang sama, upaya jaminan kualitas tambahan seperti instalasi otomatis dan upgrade tes untuk semua paket di arsip Debian memastikan bahwa "Jessie" memenuhi harapan yang tinggi bahwa pengguna memiliki dari rilis Debian stabil.Sebanyak sepuluh arsitektur yang didukung: 32-bit PC / Intel IA-32 (i386), 64-bit PC / Intel EM64T / x86-64 (amd64), Motorola / IBM PowerPC (powerpc untuk perangkat keras lama dan ppc64el untuk baru 64-bit (little-endian)), MIPS (mips (big-endian) dan mipsel (little-endian)), IBM S / 390 (64-bit s390x) dan ARM, armel dan armhf untuk lama dan baru 32 bit hardware, ditambah arm64 untuk baru 64-bit "AArch64" arsitektur. 

Ingin mencobanya?
 Jika Anda hanya ingin mencoba Debian 8 "Jessie" tanpa harus menginstalnya, Anda dapat menggunakan gambar khusus, dikenal sebagai gambar hidup, tersedia untuk CD, USB sticks, dan pembuatan netboot. Awalnya, gambar-gambar ini disediakan untuk amd64 dan i386 arsitektur saja. Hal ini juga memungkinkan untuk menggunakan gambar-gambar hidup untuk menginstal Debian. Informasi lebih lanjut tersedia dari Debian Hidup homepage.

Jika, sebaliknya, Anda ingin menginstalnya ke penyimpanan permanen komputer Anda, Anda dapat memilih dari berbagai media instalasi, seperti Blu-ray, DVD, CD, dan stik USB, atau dari jaringan. Beberapa lingkungan desktop - GNOME, KDE Plasma Desktop dan Aplikasi, Xfce, dan LXDE - dapat diinstal melalui gambar CD; salah satu yang diinginkan dapat dipilih dari menu booting dari CD / DVD. Selain itu, CD multi-arsitektur dan DVD yang tersedia yang mendukung instalasi beberapa arsitektur dari satu disk. Atau Anda selalu dapat membuat bootable media instalasi USB (lihat Panduan Instalasi untuk lebih jelasnya). Untuk pengguna cloud Debian juga menawarkan pre-built gambar OpenStack, siap untuk digunakan.


Gambar instalasi dapat didownload sekarang melalui bittorrent (metode disarankan), jigdo atau HTTP; melihat Debian pada CD untuk informasi lebih lanjut. "Jessie" akan segera tersedia di DVD fisik, CD-ROM, dan Blu-ray dari berbagai vendor juga.


Upgrade Debian
 Upgrade ke Debian 8 dari rilis sebelumnya, Debian 7 (nama kode "Wheezy"), secara otomatis ditangani oleh alat manajemen paket apt-get untuk sebagian besar konfigurasi. Seperti biasa, sistem Debian dapat ditingkatkan tanpa rasa sakit, di tempat, tanpa downtime paksa, tetapi sangat dianjurkan untuk membaca catatan rilis serta panduan instalasi untuk kemungkinan masalah, dan untuk rincian petunjuk tentang cara menginstal dan upgrade. Catatan rilis akan lebih ditingkatkan dan diterjemahkan ke bahasa tambahan dalam minggu-minggu setelah rilis. 

Tentang Debian

Debian adalah sistem operasi bebas, dikembangkan oleh ribuan sukarelawan dari seluruh dunia yang bekerja sama melalui Internet. Kekuatan kunci Debian proyek yang basisnya relawan, dedikasi terhadap Kontrak Sosial Debian dan Software Gratis, dan komitmennya untuk menyediakan sistem operasi terbaik. 


 Debian 8 merupakan langkah penting ke arah itu.Informasi KontakUntuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi halaman web Debian di       https://www.debian.org/  atau kirim  email  ke <press@debian.org>.






0 komentar:

Posting Komentar