Senin, 13 April 2015

Mengaktifkan User Manager Untuk Hotspot Di Mikrotik RB750

Mengaktifkan User Manager Untuk Hotspot Di Mikrotik RB750 

 UserManager merupakan fitur AAA server yang dimiliki oleh Mikrotik. Sesuai kepanjangan AAA (Authentication, Authorization dan Accounting), UserManager memiliki DataBase yang bisa digunakan untuk melakukan autentikasi user yang login kedalam network kita, memberikan kebijakan terhadap user tersebut misalnya limitasi transfer rate, dan juga perhitungan serta pembatasan quota yang dilakukan user kita nantinya.

 

 UserManager ini akan memudahkan kita yang ingin membuat layanan internet publik secara luas, misalnya hotspot-hotspot di cafe, mall, hotel dan sebagainya, karena dengan menggunakan UserManager ini kita cukup membuat 1 account user, dan account user tersebut bisa digunakan atau diakses dari router-router Hotspot yang sudah kita pasang.

 
Sumber : http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=46

 Langkah pertama, download dahulu packagenya di routerOS (http://www.routeros.co.id/) :

 

 Pilih sesuai versi RouterOS yg digunakan, Pilih versi 5,9 (disini saya menggunakan RB750), lalu pilih all_packages-mipsbe-5.9.zip, lalu download.

 Setelah tersimpan, ekstrak file lalu upload. Ada banyak pilihan untuk mengupload file tersebut, misalnya menggunakan FTP atau drag & drop seperti ini.

 

 Pada winbox klik IP>>service

 

 

 Ganti port www yang tadinya 80 menjadi 8088, lalu klik Apply >> OK.

 

 Buka web browser, ketik IP_mikrotik:8008/userman. Silahkan login menggunakan username dan password default. Usernamenya "admin" dan passwordnya tidak diisii.

 

 Apabila user manager sudah terinstall maka tampilannya akan seperti dibawah ini.

 

 Kemudian buka winbox, klik Radius. Beri cheklist pada hotspot addressnya "127.0.0.1" lalu secretnya isikan kode apapun. Klik Apply>>OK

 Kemudian klik IP >>Hotspot>>>incoming.

 

 

Cheklist pada tulisan Accept lalu klik Apply>>OK

 

Klik IP>>Hotspot.


Klik dua kali pada hotspot yang kita pakai (login.smksaka).

 

Pilih RADIUS kemudian beri cheklist pada tulisan "Use RADIUS". Lalu klik Apply >> OK.

 

 Pada web browser user manager klik Routers >> Add >> New. Isikan nama, IP addressnya kita isi "127.0.0.1", shared secretnya kita isi sesuai dengan kode yang sudah kita buat tadi. Beri checklist pada semua kotak kecuali Disable kemudian klik Add.

 Beri cheklist lalu klik Edit >> Enable.

 

 Klik Profiles >> Limitations >> Add >> New. Isikan nama (Name), lama waktu (Uptime), dan Rx Tx nya lalu klik Add.

 


Klik Profiles >> Profiles >> (+). Isikan nama lalu klik Create .

 

 Isikan validity nya sesuai dengan namanya. Jika paket harian validity nya 1d (1day=1hari). Berikan harga di Price. Lalu klik Add New Limitation, beri checklist sesuai namanya lalu klik Save Profile.

 Klik Profiles >> Profiles >> (+). Isikan nama lalu klik Create.

 

 Isikan validity nya sesuai dengan namanya. Jika paket harian validity nya 1d (1minggu=1minggu). Berikan harga di Price. Lalu klik Add New Limitation, beri checklist sesuai namanya lalu klik Save Profile.

 

 Klik Profiles >> Profiles >> (+). Isikan nama lalu klik Create.

 

 Isikan validity nya sesuai dengan namanya. Jika paket harian validity nya 1d (1bulan=1bulan). Berikan harga di Price. Lalu klik Add New Limitation, beri checklist sesuai namanya lalu klik Save Profile.

 

 Pada User details, isikan Usernamenya dan password lalu klik Add.

 

 

 

 

 

 

 

 

7 komentar:

  1. Tanya GAn saya lagi belajar hotspot. dengan prangkat MODEM SPEEDY > RB750 > D-LINK 600M.. lalu saya login dengan Paket Voucher dari user manager dengan HP saya dan sukses bisa konek ke Wifi dari D-link 600m. Masalahnya setelah Login. automatis semua perangat HP/laptop saya yg lainnya bisa konek juga ke d-link 600m nya.tanpa harus login dahulu. kalau saya Logof di salah satu HP/Laptop Semua ikut terputus juga koneksinya. saya udah coba seting DL-INK 600M nya dengan mode DHCP-STATIC-PPOE tapi tetap saja sama masalahnya , satu user Login semua ikut login juga... kepada SUHU kalo ada yang tahu mohon solusinya..agar user/client login dengan masing masing voucher..maklum saya masih awam dalam hal hotspot.. terima kasih semuanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. DLINK nya di setting bridge mas...
      dah gitu aja ^_^

      Hapus
    3. Sama kasusnya seperti saya Klo ap nya pake tplink mr4320, yg ap nya disetting gmn gan?

      Hapus
    4. Dlink nya di setripng AP Jangan AP bridge

      Hapus
  2. Kalo untuk rb750gr3 menggunakan versi berapa gan ?

    BalasHapus