Jumat, 03 April 2015

Cara Mudah Copy File dari PC Local ke PC Server dengan SCP

Cara Mudah Copy File dari PC Local ke PC Server dengan SCP

Secure copy atau SCP merupakan sarana aman mentransfer file komputer antara lokal host dan remote host atau antara dua host jarak jauh. Hal ini didasarkan pada Secure Shell (SSH) protokol. Istilah SCP dapat merujuk ke salah satu dari dua hal yang terkait, protokol SCP atau program SCP. 


SCP Protocol

Protokol SCP adalah protokol jaringan, berdasarkan protokol BSD RCP, yang mendukung transfer file antara host di jaringan. SCP menggunakan Secure Shell (SSH) untuk transfer data dan menggunakan mekanisme yang sama untuk otentikasi, sehingga memastikan keaslian dan kerahasiaan data dalam transit. Seorang klien dapat mengirim (upload) file ke server, opsional termasuk atribut dasar mereka (perizinan, cap waktu). Klien juga dapat meminta file atau direktori dari server (download). SCP berjalan di atas TCP port 22 secara default. Seperti RCP, tidak ada RFC yang mendefinisikan secara spesifik protokol.

Singkat kata, kita tidak perlu menggunakan FTP untuk berbagi file dengan PC server ataupun PC local. Dengan menggunakan perintah scp melalui terminal, kita sudah dapat menyalin file yang kita inginkan. Nah caranya adalah sebagai berikut:

# scp [direktori_asal]/[nama_file] user@[nama_domain]:/[direktori_tujuan]

 
catatan: nama_domain bisa diganti IP PC yang dituju.

Contoh:
root@server1# scp /home/monalisa/Documents/monalisa.docx root@smksaka.sch.id:/var/www
Dari contoh diatas dapat saya jelaskan bahwa user root di PC server1 akan menyalin file monalisa.docx yang terdapat di direktori home >> monalisa >> Documents ke PC smksaka.sch.id di direktori var >> www.

 
Berikut adalah beberapa parameter dalam penggunaan perintas scp:


  • -r parameter ini digunakan bila kita akan mengirimkan sebuah folder, maka parameter -r akan dibutuhkan agar seluruh isi folder tersebut, termasuk file dan sub folder juga ikut di copy.
  • -p parameter ini digunakan bila kita ingin menggunakan port selain port default yaitu port 22.




































0 komentar:

Posting Komentar